Wednesday, May 8, 2013

RPP FLUIDA XI IPA SEMESTER 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                : SMA ................................................
Mata Pelajaran                      : FISIKA
Materi Pokok                        : Fluida
Kelas / Semester                   : XI IPA / 2

Standar Kompetensi : Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem
                                    kontinu dalam menyelesaikan masalah.

Kompetensi Dasar : Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis
                                 dan dinamis serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator                        
a.       Kognitif
      1.      Produk:
a)   Menjelaskan tekanan
b)   Memformulasikan tekanan
c)   Menjelaskan tekanan hidrostatis
d)  Memformulasikan tekanan hidrostatis
e)   Menjelaskan hukum utama hidrostatis
f)    Menjelaskan Hukum Pascal
g)   Menerapkan Hukum Pascal
h)   Menjelaskan Hukum Archimedes
i)     Menerapkan Hukum Archimedes
       2.      Proses:
Merencanakan dan melaksanakan eksperimen meliputi:
a)      merumuskan masalah
b)      membuat hipotesis
c)      merencanakan kegiatan
d)     melaksanakan kegiatan
e)      mengumpulkan data
f)       mengambil kesimpulan
b.      Psikomotor:
      1.      Mempraktikan hukum utama hidrstatis, hukum Pascal, dan  Hukum Archimedes
c.       Afektif
            1.      Mengembangkan perilaku berkarakter,  meliputi:
a)      jujur
b)       peduli 
            2.      Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi:
a)      menghargai pendapat orang lain
b)      berfikir kritis
c)      mengajukan pertanyaan
d)     menyampaikan pendapat/menjawab pertanyaan

I. Tujuan Pembelajaran

      A.    Kognitif
Siswa dapat :
1.    Menjelaskan tekanan
2.    Memformulasikan tekanan
3.    Menjelaskan tekanan hidrostatik
4.    Memformulasikan tekanan hidrostatik
5.    Menjelaskan hukum utama hidrstatis
6.    Menjelaskan hukum Pascal
7.    Menerapkan hukum Pascal dalam kehidupan sehari-hari
8.    Menjelaskan hukum Archimedes
9.    Menerapkan hukum Archimedes dalam kehidupan sehari-hari
      B.     Afektif
Siswa dapat :
1.    Bekerjaama
2.    Jujur
3.    Menghargai pendapat orang lain
4.    Berfikir kritis
5.    Mengajukan pertanyaan
6.    Menyampaikan pendapat/menjawab pertanyaan
    C.     Psikomotor
Siswa dapat :
1.Menerapkan hukum utama hidrstatis, hukum Pascal, dan  hukum Archimedes dalam kehidupan sehari-hari, yaitu dengan melihat keadaan sekitar.

II. Alokasi Waktu : 6 X 45 Menit

III. Materi Ajar
                                Tekanan Hidrostatik
                                Hukum Pascal
                                Hukum Archimedes
                                 

IV. Strategi/ Model / Metode Pembelajaran          

1.      Model     :   - Model Pembelajaran Inkuiri
               2.  Metode    :   - Diskusi kelompok
                                        - Eksperimen
                                    
V. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran  
Pertemuan 1
No
Kegiatan
Tahapan
1
Kegiatan Awal
a.       Guru meminta siswa duduk berdasarkan kelompok yang telah ditentukan.  Tiap-tiap kelompok terdiri dari 3 orang.

b.       Guru membanguan pengetahuan awal siswa dengan memberi fenomena

Dengan mengunakan sebuah gelas yang berisi air, kemudian gelas tersebut dimasukkan beban/batu, sehingga air didalam gelas menjadi tumpah. Mengapa terjadi hal yang demikian ?


Penyajian fenomena








2.
Kegiatan inti
a.       Tiap kelompok siswa berdisikusi berdasarkan suatu fenomena terkait peragaan yang dilakukan dengan mengkaitkan bunyi hukum hidrostatik.
b.      Guru mengajukan beberapa pertanyaan terkait peragaan yang dilakukan.
-          Sebuah gelas yang telah berisi air, kemudian gelas tersebut dimasukkan beban/batu menjadi tumpah, mengapa terjadi hal yang demikian ?
c.        Dari jawaban beberapa orang siswa kemudian guru meminta siswa untuk menjelaskan mengenai hukum Hidrostatik.
d.       Guru membagikan lembar kerja kelompok pada masing-masing kelompok.
e.        Siswa melakukan eksperimen untuk mengambil data setelah merumuskan masalah dan membuat  hipotesis.
f.        Dalam proses mengambil data, guru membimbing siswa mendiskusikan hasil kegiatan dalam kelompok
g.       Setelah peroses pengambilan data selesai, masing-masing kelompok berdiskusi dan menentukan jawaban berdasarkan eksperimen.
h.       Dari hasil diskusi yang diperoleh siswa memberikan kesimpulan tentang hukum Hidrostatik.

Merumuskan masalah






Membuat hipotesis

Merencanakan Kegiatan
Melakukan Kegiatan

Mengumpulkan data



Kesimpulan
3.
Kegiatan Akhir
a.       Guru membimbing siswa membuat rangkuman materi yang telah dipelajari
b.      Guru menegaskan konsep yang benar
c.       Guru memberikan tugas rumah

Pemantapan

Pertemuan 2
No
Kegiatan
Tahapan
1
Kegiatan Awal
a.   Guru meminta siswa duduk berdasarkan kelompok
yang telah ditentukan.  Tiap-tiap kelompok terdiri dari 3 orang.

b.  Guru membanguan pengetahuan awal siswa dengan memberi fenomena

    Pernakah kalian melihat alat hidrolik di tempat pencucian mobil ? Mobil dapat dinaikkan di diatas penghisap, mengapa demikian ?

Penyajian fenomena








2.
Kegiatan inti
a.    Tiap kelompok siswa berdisikusi berdasarkan suatu fenomena terkait kerja alat hidrolik dengan mengkaitkan bunyi hukum Pascal.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan kerja alat hidrolik?
-        Mobil dapat dinaikkan di diatas penghisap, mengapa demikian ?
c.    Dari jawaban beberapa orang siswa kemudian guru meminta siswa untuk menjelaskan mengenai hukum pascal.
d.   Guru membagikan lembar kerja kelompok pada masing-masing kelompok.
e.    Siswa melakukan eksperimen untuk mengambil data setelah merumuskan masalah dan membuat  hipotesis.
f.     Dalam proses mengambil data, guru membimbing siswa mendiskusikan hasil kegiatan dalam kelompok
g.    Setelah peroses pengambilan data selesai, masing-masing kelompok berdiskusi dan menentukan jawaban berdasarkan eksperimen.
h.    Dari hasil diskusi yang diperoleh siswa memberikan kesimpulan tentang hukum Pascal.

Merumuskan masalah





Membuat hipotesis

Merencanakan Kegiatan
Melakukan Kegiatan

Mengumpulkan data



Kesimpulan
3.
Kegiatan Akhir
a.       Guru membimbing siswa membuat rangkuman materi yang telah dipelajari
b.       Guru menegaskan konsep yang benar
c.       Guru memberikan tugas rumah

Pemantapan

Pertemuan 3
No
Kegiatan
Tahapan
1
Kegiatan Awal
a.       Guru meminta siswa duduk berdasarkan kelompok
yang telah ditentukan.  Tiap-tiap kelompok terdiri  dari 3 orang.

b.       Guru membanguan pengetahuan awal siswa dengan memberi fenomena

Mengapa kapal selam dapat tenggelam, melayang dan terapung ?

Penyajian fenomena








2.
Kegiatan inti
a.         Tiap kelompok siswa berdisikusi berdasarkan suatu fenomena dengan mengkaitkan bunyi hukum Archimedes.
b.        Guru mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan hukum Archimedes.
-     Mengapa kapal selam dapat tenggelam, melayang, dan terapung ?
c.         Dari jawaban beberapa orang siswa kemudian guru meminta siswa untuk  menjelaskan mengenai hukum Archimedes.
d.        Guru membagikan lembar kerja kelompok pada masing-masing kelompok.
e.         Siswa melakukan eksperimen untuk mengambil data setelah merumuskan masalah dan membuat
hipotesis.
f.         Dalam proses mengambil data, guru membimbing siswa mendiskusikan hasil kegiatan dalam kelompok
g.        Setelah peroses pengambilan data selesai, masing-masing kelompok berdiskusi dan menentukan jawaban berdasarkan eksperimen.
h.        Dari hasil diskusi yang diperoleh siswa memberikan kesimpulan tentang hukum Archimedes.

Merumuskan masalah





Membuat hipotesis

Merencanakan Kegiatan
Melakukan Kegiatan

Mengumpulkan data



Kesimpulan
3.
Kegiatan Akhir
a.       Guru membimbing siswa membuat rangkuman materi yang telah dipelajari
b.       Guru menegaskan konsep yang benar
c.       Guru memberikan tugas rumah

Pemantapan


V. Sumber Belajar
  a. Buku Fisika SMA Kelas XI (Supiyanto, Erlangga (Hal. 168-175)
      dan Bambang Ruwanto, Yudistira (Hal. 154-164) )
  b. Lembar kerja siswa (LKS)
  c. Buku referensi yang relevan
d. Alat Praktikum

VI. Penilaian
a.       Teknik penilaian   : LKS, tugas rumah, latihan dan uji blok
b.      Bentuk instrumen : 1. Lembar Kerja Kelompok (LKK).
                    2. Lembar evaluasi hasil belajar.
                    3. Lembar observasi aktivitas siswa.
                                            4. Lembar angket minat belajar siswa.

Bandar Lampung,
                                                                        Guru



                                                                         Dedek Iskandar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                : SMA ................................................
Mata Pelajaran                      : FISIKA
Materi Pokok                        : Fluida
Kelas / Semester                   : XI IPA / 2

Standar Kompetensi : Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem
                                    kontinu dalam menyelesaikan masalah.

Kompetensi Dasar : Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis
                                 dan dinamis serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator                        
a.       Kognitif
      1.      Produk:
a)   Menjelaskan tegangan permukaan
b)   Menganalisis peristiwa yang berkaitan dengan tegangan permukaan.
c)   Menjelaskan peristiwa kapilaritas
d)  Menganalisis peristiwa kapilaritas
e)   Menjelaskan gaya gesekan fluida kental/visikositas fluida
f)    Memformulasikan gaya gesekan fluida kental / viskositas fluida
       2.      Proses:
Merencanakan dan melaksanakan eksperimen meliputi:
a)      merumuskan masalah
b)      membuat hipotesis
c)      merencanakan kegiatan
d)     melaksanakan kegiatan
e)      mengumpulkan data
f)       mengambil kesimpulan
b.      Psikomotor:
      1.      Mempraktikan gejala tegangan permukaan, gejala meniskus, gejala kapliaritas, dan 
            viskositas fluida.
c.       Afektif
            1.      Mengembangkan perilaku berkarakter,  meliputi:
a)      jujur
b)       peduli 
           2.      Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi:
a)      menghargai pendapat orang lain
b)      berfikir kritis
c)      mengajukan pertanyaan
d)     menyampaikan pendapat/menjawab pertanyaan

I. Tujuan Pembelajaran

      A.    Kognitif
Siswa dapat :
1.    Menjelaskan tekanan
            2.    Menjelaskan peristiwa tegangan permukaan
            3.    Menganalisis peristiwa yang berkaitan dengan tegangan  permukaan dalam kehidupan 
                 sehari-hari.
            4.   Menjelaskan gejala kapilaritas
            5.    Menganalisis gejala kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari
            6.    Menjelaskan gaya gesekan fluida kental/ vikositas
            7.    Memformulasikan gaya gesekan fluida kental / viskositas fluida
      B.     Afektif
Siswa dapat :
1.    Bekerjaama
2.    Jujur
3.    Menghargai pendapat orang lain
4.    Berfikir kritis
5.    Mengajukan pertanyaan
6.    Menyampaikan pendapat/menjawab pertanyaan
     C.     Psikomotor
Siswa dapat :
1.    Menerapkan gejala tegangan permukaan, gejala meniskus, gejala kapliaritas, dan viskositas fluida dalam kehidupan sehari-hari, yaitu dengan melihat keadaan sekitar.

II. Alokasi Waktu : 6 X 45 Menit

III. Materi Ajar
         Tegangan Permukaan
         Gejala Meniskus
         Kapilaritas
         Viskositas Fluida
                                 

IV. Strategi/ Model / Metode Pembelajaran          

1.      Model     :   - Model Pembelajaran Inkuiri
               2.  Metode    :   - Diskusi kelompok
                                        - Eksperimen
           
V. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran  
Pertemuan 1
No
Kegiatan
Tahapan
1
Kegiatan Awal
a.       Guru meminta siswa duduk berdasarkan kelompok yang telah ditentukan.  Tiap-tiap kelompok terdiri dari 3 orang

b.       Guru membanguan pengetahuan awal siswa dengan memberi fenomena


Mengapa nyamuk dapat selancar ria pada permukaan air ?

Penyajian fenomena








2.
Kegiatan inti
a.       Tiap kelompok siswa berdisikusi berdasarkan suatu fenomena yang diberikan.
b.      Guru mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan fenomena yang diberikan.
-          Mengapa nyamuk dapat selancar ria diatas permukaan air ?
c.        Dari jawaban beberapa orang siswa kemudian guru meminta siswa untuk menjelaskan mengenai gaya kohesi, adhesi, dan tegangan permukaan serta menjelaskan gejala mensikus.
d.       Guru membagikan lembar kerja kelompok pada masing-masing kelompok.
e.        Siswa melakukan eksperimen untuk mengambil data setelah merumuskan masalah dan membuat  hipotesis.
f.        Dalam proses mengambil data, guru membimbing siswa mendiskusikan hasil kegiatan dalam kelompok
g.       Setelah peroses pengambilan data selesai, masing-masing kelompok berdiskusi dan menentukan jawaban berdasarkan eksperimen.
h.       Dari hasil diskusi yang diperoleh siswa memberikan kesimpulan tentang gaya kohesi, adhesi, dan tegangan permukaan serta gejala mensikus.

Merumuskan masalah




Membuat hipotesis


Merencanakan Kegiatan
Melakukan Kegiatan

Mengumpulkan data



Kesimpulan
3.
Kegiatan Akhir
a.       Guru membimbing siswa membuat rangkuman materi yang telah dipelajari
b.      Guru menegaskan konsep yang benar
c.       Guru memberikan tugas rumah

Pemantapan

Pertemuan 2
No
Kegiatan
Tahapan
1
Kegiatan Awal
a.   Guru meminta siswa duduk berdasarkan kelompok
yang telah ditentukan.  Tiap-tiap kelompok terdiri dari 3 orang.


b.  Guru membanguan pengetahuan awal siswa dengan memberi fenomena

lampu semprong, dimana lampu semprong dinyalakan dengan menggunakan korek api akan menyala dan bila habis minyaknya akan mati dengan sendirinya. Mengapa terjadi hal yang demikian ?

Penyajian fenomena








2.
Kegiatan inti
a.    Tiap kelompok siswa berdisikusi berdasarkan suatu fenomena gejala kapilaritas.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan gejala kapilaritas.
c.     lampu semprong, dimana lampu semprong dinyalakan dengan menggunakan korek api akan menyala dan bila habis minyaknya akan mati dengan sendirinya. Mengapa terjadi hal yang demikian ?
d.   Dari jawaban beberapa orang siswa kemudian guru meminta siswa untuk menjelaskan mengenai gejala kapilaritas.
e.    Guru membagikan lembar kerja kelompok pada masing-masing kelompok.
f.     Siswa melakukan eksperimen untuk mengambil data setelah merumuskan masalah dan membuat  hipotesis.
g.    Dalam proses mengambil data, guru membimbing siswa mendiskusikan hasil kegiatan dalam kelompok
h.    Setelah peroses pengambilan data selesai, masing-masing kelompok berdiskusi dan menentukan jawaban berdasarkan eksperimen.
i.      Dari hasil diskusi yang diperoleh siswa memberikan kesimpulan tentang gejala kapilaritas.

Merumuskan masalah






Membuat hipotesis

Merencanakan Kegiatan
Melakukan Kegiatan

Mengumpulkan data



Kesimpulan
3.
Kegiatan Akhir
a.       Guru membimbing siswa membuat rangkuman materi yang telah dipelajari
b.       Guru menegaskan konsep yang benar
c.       Guru memberikan tugas rumah

Pemantapan

Pertemuan 3
No
Kegiatan
Tahapan
1
Kegiatan Awal
a.       Guru meminta siswa duduk berdasarkan kelompok
yang telah ditentukan.  Tiap-tiap kelompok terdiri  dari 3 orang.

b.       Guru membanguan pengetahuan awal siswa dengan memberi fenomena
Dengan menggunakan sebuah toples yang sudah diisi dengan air dan oli kemudian dicelupkan beban. Manakah yang lebih lambat mencapai permukaan toples ?
Penyajian fenomena








2.
Kegiatan inti
a.         Tiap kelompok siswa berdisikusi berdasarkan suatu fenomena viskositas fluida.
b.        Guru mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan fenomena viskositas fluida.
-     Dengan menggunakan sebuah toples yang sudah diisi dengan air dan oli kemudian dicelupkan beban. Manakah yang lebih lambat mencapai permukaan toples ?
c.         Dari jawaban beberapa orang siswa kemudian guru meminta siswa untuk menjelaskan mengenai viskositas fluida.
d.        Guru membagikan lembar kerja kelompok pada masing-masing kelompok.
e.         Siswa melakukan eksperimen untuk mengambil data setelah merumuskan masalah dan merumuskan hipotesis
f.         Dalam proses mengambil data, guru membimbing siswa mendiskusikan hasil kegiatan dalam kelompok
g.        Setelah peroses pengambilan data selesai, masing-masing kelompok berdiskusi dan menentukan jawaban berdasarkan eksperimen.
h.        Dari hasil diskusi yang diperoleh siswa memberikan kesimpulan tentang viskositas fluida.

Merumuskan masalah






Membuat hipotesis

Merencanakan Kegiatan
Melakukan Kegiatan

Mengumpulkan data



Kesimpulan
3.
Kegiatan Akhir
a.       Guru membimbing siswa membuat rangkuman materi yang telah dipelajari
b.       Guru menegaskan konsep yang benar
c.       Guru memberikan tugas rumah

Pemantapan

V. Sumber Belajar
  a. Buku Fisika SMA Kelas XI (Supiyanto, Erlangga (Hal. 168-175)
      dan Bambang Ruwanto, Yudistira (Hal. 154-164) )
  b. Lembar kerja siswa (LKS)
  c. Buku referensi yang relevan
d. Alat Praktikum

VI. Penilaian Hasil Belajar  
a.       Teknik penilaian   : LKS, tugas rumah, latihan dan uji blok
b.      Bentuk instrumen : 1. Lembar Kerja Kelompok (LKK).
                    2. Lembar evaluasi hasil belajar.
                    3. Lembar observasi aktivitas siswa.
                                            4. Lembar angket minat belajar siswa.

Bandar Lampung,
                                                                        Guru



                                                                         Dedek Iskandar


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                : SMA ................................................
Mata Pelajaran                      : FISIKA
Materi Pokok                        : Fluida
Kelas / Semester                   : XI IPA / 2

Standar Kompetensi : Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem
                                    kontinu dalam menyelesaikan masalah.

Kompetensi Dasar : Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis
                                 dan dinamis serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator                        
a.       Kognitif
      1.      Produk:
a)      Mendeskripsikan konsep fluida ideal
b)      Memformulasikan persamaan kontinunitas
c)      Memformulasikan asas Bernoulli
d)     Menerapkan hukum Bernoulli pada masalah fisika sehari-hari
       2.      Proses:
Merencanakan dan melaksanakan eksperimen meliputi:
a)      merumuskan masalah
b)      membuat hipotesis
c)      merencanakan kegiatan
d)     melaksanakan kegiatan
e)      mengumpulkan data
f)       mengambil kesimpulan
b.      Psikomotor:
      1.      Mempraktikan fluida ideal, kontinuitas, dan hukum Bernoulli.
c.       Afektif
            1.      Mengembangkan perilaku berkarakter,  meliputi:
a)      jujur
b)       peduli 
            2.      Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi:
a)      menghargai pendapat orang lain
b)      berfikir kritis
c)      mengajukan pertanyaan
d)     menyampaikan pendapat/menjawab pertanyaan

I. Tujuan Pembelajaran

      A.    Kognitif
Siswa dapat :
1.    Menjelaskan tekanan
2.    Mendeskripsikan konsep fluida ideal
3.    Memformulasikan persamaan kontinunitas
4.    Memformulasikan asas Bernoulli
5.    Menerapkan asas Bernoulli pada masalah fisika sehari-hari
      B.     Afektif
Siswa dapat :
1.    Bekerjaama
2.    Jujur
3.    Menghargai pendapat orang lain
4.    Berfikir kritis
5.    Mengajukan pertanyaan
6.    Menyampaikan pendapat/menjawab pertanyaan
     C.     Psikomotor
Siswa dapat :
      1.      Menerapkan fluida ideal, kontinuitas, dan hukum Bernoulli dalam kehidupan sehari-hari, 
             yaitu dengan melihat keadaan sekitar.

II. Alokasi Waktu : 6 X 45 Menit

III. Materi Ajar
                                Fluida Ideal
                                Persamaan Kontinuitas
                                Asas Bernoulli
                                 

IV. Strategi/ Model / Metode Pembelajaran          

1.      Model     :   - Model Pembelajaran Inkuiri
               2.  Metode    :   - Diskusi kelompok
                                        - Eksperimen
                                    
V. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran  
Pertemuan 1
No
Kegiatan
Tahapan
1
Kegiatan Awal
a.       Guru meminta siswa duduk berdasarkan kelompok yang telah ditentukan.  Tiap-tiap kelompok terdiri dari 3 orang

b.       Guru membanguan pengetahuan awal siswa dengan memberi fenomena

Apabila seseorang sedang mencuci motor dengan air dan kran yang dihubungkan dengan selang. Saat ujung selang ditekan, air akan memancar semakin jauh. Mengapa?

Penyajian fenomena








2.
Kegiatan inti
a.       Tiap kelompok siswa berdisikusi berdasarkan suatu fenomena terkait peragaan yang dilakukan dengan mengkaitkan persamaan kontinuitas.
b.      Guru mengajukan beberapa pertanyaan terkait peragaan yang dilakukan.
-            Apabila seseorang sedang mencuci motor dengan air dan kran yang dihubungkan dengan selang. Saat ujung selang ditekan, air akan memancar semakin jauh. Mengapa?
c.        Dari jawaban beberapa orang siswa kemudian guru meminta siswa untuk menjelaskan mengenai fluida ideal dan persamaan kontinuitas.
d.       Guru membagikan lembar kerja kelompok pada masing-masing kelompok.
e.        Siswa melakukan eksperimen untuk mengambil data setelah merumuskan masalah dan membuat  hipotesis.
f.        Dalam proses mengambil data, guru membimbing siswa mendiskusikan hasil kegiatan dalam kelompok
g.       Setelah peroses pengambilan data selesai, masing-masing kelompok berdiskusi dan menentukan jawaban berdasarkan eksperimen.
h.       Dari hasil diskusi yang diperoleh siswa memberikan kesimpulan tentang fluida ideal dan persamaan kontinuitas.

Merumuskan masalah







Membuat hipotesis

Merencanakan Kegiatan
Melakukan Kegiatan

Mengumpulkan data



Kesimpulan
3.
Kegiatan Akhir
a.       Guru membimbing siswa membuat rangkuman materi yang telah dipelajari
b.      Guru menegaskan konsep yang benar
c.       Guru memberikan tugas rumah

Pemantapan

Pertemuan 2
No
Kegiatan
Tahapan
1
Kegiatan Awal
a.   Guru meminta siswa duduk berdasarkan kelompok
yang telah ditentukan.  Tiap-tiap kelompok terdiri dari 3 orang.

b.  Guru membanguan pengetahuan awal siswa dengan memberi fenomena

Dengan menggunakan alat penyemprot nyamuk, dapat dilihat ketika  menekan batang penghisap maka menyemprotkan cairan air. Mengapa terjadi hal yang demikian ?



Penyajian fenomena








2.
Kegiatan inti
a.    Tiap kelompok siswa berdisikusi berdasarkan suatu fenomena terkait peragaan yang dilakukan dengan mengkaitkan bunyi asas Bernaulli.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan asas Bernaulli.
-            Dengan menggunakan alat penyemprot nyamuk, dapat dilihat ketika  menekan batang penghisap maka menyemprotkan cairan air. Mengapa terjadi hal yang demikian ?
c.    Dari jawaban beberapa orang siswa kemudian guru meminta siswa untuk menjelaskan mengenai asas Bernoulli.
d.   Guru membagikan lembar kerja kelompok pada masing-masing kelompok.
e.    Siswa melakukan eksperimen untuk mengambil data setelah merumuskan masalah dan membuat  hipotesis.
f.     Dalam proses mengambil data, guru membimbing siswa mendiskusikan hasil kegiatan dalam kelompok
g.    Setelah peroses pengambilan data selesai, masing-masing kelompok berdiskusi dan menentukan jawaban berdasarkan eksperimen.
h.    Dari hasil diskusi yang diperoleh siswa memberikan kesimpulan tentang asas Bernoulli.

Merumuskan masalah







Membuat hipotesis

Merencanakan Kegiatan
Melakukan Kegiatan

Mengumpulkan data



Kesimpulan
3.
Kegiatan Akhir
a.       Guru membimbing siswa membuat rangkuman materi yang telah dipelajari
b.       Guru menegaskan konsep yang benar
c.       Guru memberikan tugas rumah

Pemantapan


V. Sumber Belajar
  a. Buku Fisika SMA Kelas XI (Supiyanto, Erlangga (Hal. 168-175)
      dan Bambang Ruwanto, Yudistira (Hal. 154-164) )
  b. Lembar kerja siswa (LKS)
  c. Buku referensi yang relevan
d. Alat Praktikum

VI. Penilaian Hasil Belajar  
a.       Teknik penilaian   : LKS, tugas rumah, latihan dan uji blok
b.      Bentuk instrumen : 1. Lembar Kerja Kelompok (LKK).
                    2. Lembar evaluasi hasil belajar.
                    3. Lembar observasi aktivitas siswa.
                                            4. Lembar angket minat belajar siswa.

Bandar Lampung, 
                                                                        Guru



                                                                        Dedek Iskandar

No comments:

Post a Comment

Post a Comment