Satuan Pendidikan : SMA ................................................
Mata Pelajaran :
FISIKA
Materi Pokok : Fluida
Kelas / Semester : XI IPA / 2
Standar Kompetensi :
Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem
kontinu dalam menyelesaikan
masalah.
Kompetensi Dasar : Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis
dan dinamis serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
a.
Kognitif
1.
Produk:
a) Menjelaskan tekanan
b) Memformulasikan tekanan
c) Menjelaskan tekanan hidrostatis
d) Memformulasikan tekanan hidrostatis
e) Menjelaskan hukum utama hidrostatis
f) Menjelaskan Hukum Pascal
g) Menerapkan Hukum Pascal
h) Menjelaskan Hukum Archimedes
i) Menerapkan Hukum Archimedes
2.
Proses:
Merencanakan dan melaksanakan eksperimen meliputi:
a)
merumuskan masalah
b)
membuat hipotesis
c)
merencanakan kegiatan
d)
melaksanakan
kegiatan
e)
mengumpulkan
data
f)
mengambil kesimpulan
b.
Psikomotor:
1.
Mempraktikan hukum utama hidrstatis, hukum Pascal,
dan Hukum Archimedes
c.
Afektif
1.
Mengembangkan perilaku
berkarakter, meliputi:
a)
jujur
b)
peduli
2.
Mengembangkan keterampilan sosial,
meliputi:
a) menghargai pendapat orang lain
b) berfikir kritis
c)
mengajukan pertanyaan
d)
menyampaikan pendapat/menjawab
pertanyaan
I. Tujuan Pembelajaran
A. Kognitif
Siswa dapat :
1. Menjelaskan tekanan
2. Memformulasikan tekanan
3. Menjelaskan tekanan hidrostatik
4. Memformulasikan tekanan hidrostatik
5. Menjelaskan hukum utama hidrstatis
6. Menjelaskan hukum Pascal
7. Menerapkan hukum Pascal dalam
kehidupan sehari-hari
8. Menjelaskan hukum Archimedes
9. Menerapkan hukum Archimedes dalam
kehidupan sehari-hari
B. Afektif
Siswa dapat :
1. Bekerjaama
2. Jujur
3. Menghargai pendapat orang lain
4. Berfikir kritis
5.
Mengajukan pertanyaan
6.
Menyampaikan pendapat/menjawab pertanyaan
C. Psikomotor
Siswa dapat :
1.Menerapkan hukum utama
hidrstatis, hukum Pascal, dan hukum Archimedes dalam kehidupan
sehari-hari, yaitu dengan melihat
keadaan sekitar.
II. Alokasi Waktu : 6 X 45 Menit
III. Materi Ajar
Tekanan
Hidrostatik
Hukum Pascal
Hukum Archimedes
IV. Strategi/ Model / Metode Pembelajaran
1. Model : - Model Pembelajaran Inkuiri
2. Metode :
- Diskusi kelompok
- Eksperimen
V. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
No
|
Kegiatan
|
Tahapan
|
1
|
Kegiatan Awal
a. Guru meminta siswa duduk berdasarkan
kelompok yang telah ditentukan.
Tiap-tiap kelompok terdiri dari 3 orang.
b. Guru membanguan pengetahuan awal siswa
dengan memberi fenomena
Dengan
mengunakan sebuah gelas yang berisi air, kemudian gelas tersebut dimasukkan
beban/batu, sehingga air didalam gelas menjadi tumpah. Mengapa terjadi hal
yang demikian ?
|
Penyajian
fenomena
|
2.
|
Kegiatan inti
a. Tiap kelompok siswa berdisikusi berdasarkan
suatu fenomena terkait peragaan yang dilakukan dengan mengkaitkan bunyi hukum
hidrostatik.
b. Guru mengajukan beberapa pertanyaan
terkait peragaan yang dilakukan.
-
Sebuah
gelas yang telah berisi air, kemudian gelas tersebut dimasukkan beban/batu
menjadi tumpah, mengapa terjadi hal yang demikian ?
c.
Dari
jawaban beberapa orang siswa kemudian guru meminta siswa untuk menjelaskan mengenai hukum Hidrostatik.
d. Guru membagikan lembar kerja kelompok
pada masing-masing kelompok.
e.
Siswa
melakukan eksperimen untuk mengambil data setelah merumuskan masalah dan membuat hipotesis.
f.
Dalam
proses mengambil data, guru membimbing siswa mendiskusikan hasil kegiatan
dalam kelompok
g. Setelah peroses pengambilan data
selesai, masing-masing kelompok berdiskusi dan menentukan jawaban berdasarkan
eksperimen.
h. Dari hasil diskusi yang diperoleh siswa
memberikan kesimpulan tentang hukum
Hidrostatik.
|
Merumuskan
masalah
Membuat hipotesis
Merencanakan Kegiatan
Melakukan Kegiatan
Mengumpulkan data
Kesimpulan
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a. Guru membimbing siswa membuat rangkuman
materi yang telah dipelajari
b. Guru menegaskan konsep yang benar
c. Guru memberikan tugas rumah
|
Pemantapan
|
Pertemuan 2
No
|
Kegiatan
|
Tahapan
|
1
|
Kegiatan Awal
a. Guru meminta siswa duduk berdasarkan
kelompok
yang telah ditentukan. Tiap-tiap kelompok terdiri dari 3 orang.
b. Guru membanguan pengetahuan awal siswa
dengan memberi fenomena
Pernakah kalian
melihat alat hidrolik di tempat pencucian mobil ? Mobil dapat
dinaikkan di diatas penghisap, mengapa
demikian ?
|
Penyajian
fenomena
|
2.
|
Kegiatan inti
a. Tiap kelompok siswa berdisikusi berdasarkan
suatu fenomena terkait kerja alat hidrolik dengan mengkaitkan bunyi hukum
Pascal.
b. Guru mengajukan beberapa pertanyaan
terkait dengan kerja alat hidrolik?
-
Mobil dapat
dinaikkan di diatas penghisap, mengapa demikian ?
c. Dari jawaban beberapa orang siswa
kemudian guru meminta siswa untuk menjelaskan mengenai hukum pascal.
d. Guru membagikan lembar kerja kelompok
pada masing-masing kelompok.
e. Siswa melakukan eksperimen untuk
mengambil data setelah merumuskan masalah dan membuat hipotesis.
f. Dalam proses mengambil data, guru
membimbing siswa mendiskusikan hasil kegiatan dalam kelompok
g. Setelah peroses pengambilan data
selesai, masing-masing kelompok berdiskusi dan menentukan jawaban berdasarkan
eksperimen.
h. Dari hasil diskusi yang diperoleh siswa
memberikan kesimpulan tentang hukum
Pascal.
|
Merumuskan
masalah
Membuat hipotesis
Merencanakan Kegiatan
Melakukan Kegiatan
Mengumpulkan data
Kesimpulan
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a. Guru membimbing siswa membuat rangkuman
materi yang telah dipelajari
b. Guru menegaskan konsep yang benar
c. Guru memberikan tugas rumah
|
Pemantapan
|
Pertemuan 3
No
|
Kegiatan
|
Tahapan
|
1
|
Kegiatan Awal
a. Guru meminta siswa duduk berdasarkan kelompok
yang telah ditentukan. Tiap-tiap kelompok terdiri dari 3 orang.
b. Guru membanguan pengetahuan awal siswa
dengan memberi fenomena
Mengapa kapal selam dapat tenggelam, melayang
dan terapung ?
|
Penyajian
fenomena
|
2.
|
Kegiatan inti
a.
Tiap kelompok
siswa berdisikusi berdasarkan suatu fenomena dengan mengkaitkan bunyi hukum Archimedes.
b.
Guru
mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan hukum Archimedes.
-
Mengapa
kapal selam dapat tenggelam, melayang, dan terapung ?
c.
Dari
jawaban beberapa orang siswa kemudian guru meminta siswa untuk menjelaskan mengenai hukum Archimedes.
d.
Guru
membagikan lembar kerja kelompok pada masing-masing kelompok.
e.
Siswa
melakukan eksperimen untuk mengambil data setelah merumuskan masalah dan membuat
hipotesis.
f.
Dalam
proses mengambil data, guru membimbing siswa mendiskusikan hasil kegiatan
dalam kelompok
g.
Setelah
peroses pengambilan data selesai, masing-masing kelompok berdiskusi dan
menentukan jawaban berdasarkan eksperimen.
h.
Dari
hasil diskusi yang diperoleh siswa memberikan kesimpulan tentang hukum Archimedes.
|
Merumuskan
masalah
Membuat hipotesis
Merencanakan Kegiatan
Melakukan Kegiatan
Mengumpulkan data
Kesimpulan
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a. Guru membimbing siswa membuat rangkuman
materi yang telah dipelajari
b. Guru menegaskan konsep yang benar
c. Guru memberikan tugas rumah
|
Pemantapan
|
V.
Sumber Belajar
a. Buku Fisika
SMA Kelas XI (Supiyanto, Erlangga (Hal. 168-175)
dan Bambang Ruwanto, Yudistira
(Hal. 154-164) )
b. Lembar kerja siswa
(LKS)
c. Buku referensi yang relevan
d. Alat Praktikum
VI. Penilaian
a. Teknik penilaian : LKS, tugas rumah, latihan dan uji blok
b. Bentuk instrumen : 1. Lembar Kerja
Kelompok (LKK).
2. Lembar evaluasi hasil belajar.
3. Lembar observasi
aktivitas siswa.
4. Lembar angket minat belajar siswa.
Bandar Lampung,
Guru Dedek Iskandar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA ................................................
Mata Pelajaran :
FISIKA
Materi Pokok : Fluida
Kelas / Semester : XI IPA / 2
Standar Kompetensi :
Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem
kontinu dalam menyelesaikan
masalah.
Kompetensi Dasar : Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis
dan dinamis serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
a.
Kognitif
1.
Produk:
a) Menjelaskan tegangan permukaan
b) Menganalisis peristiwa yang berkaitan dengan tegangan permukaan.
c) Menjelaskan peristiwa kapilaritas
d) Menganalisis peristiwa kapilaritas
e) Menjelaskan gaya gesekan fluida kental/visikositas fluida
f) Memformulasikan gaya gesekan fluida kental / viskositas fluida
2.
Proses:
Merencanakan dan melaksanakan eksperimen meliputi:
a)
merumuskan masalah
b)
membuat hipotesis
c)
merencanakan kegiatan
d)
melaksanakan
kegiatan
e)
mengumpulkan
data
f)
mengambil
kesimpulan
b.
Psikomotor:
1.
Mempraktikan gejala tegangan permukaan, gejala
meniskus, gejala kapliaritas, dan viskositas fluida.
c.
Afektif
1.
Mengembangkan perilaku
berkarakter, meliputi:
a)
jujur
b)
peduli
2.
Mengembangkan keterampilan sosial,
meliputi:
a) menghargai pendapat orang lain
b) berfikir kritis
c)
mengajukan pertanyaan
d)
menyampaikan pendapat/menjawab
pertanyaan
I. Tujuan Pembelajaran
A. Kognitif
Siswa dapat :
1. Menjelaskan tekanan
2.
Menjelaskan peristiwa tegangan permukaan
3. Menganalisis peristiwa yang berkaitan dengan tegangan permukaan dalam kehidupan
sehari-hari.
4. Menjelaskan gejala kapilaritas
5.
Menganalisis gejala kapilaritas dalam
kehidupan sehari-hari
6. Menjelaskan gaya gesekan fluida
kental/ vikositas
7. Memformulasikan gaya gesekan fluida kental / viskositas fluida
B. Afektif
Siswa dapat :
1. Bekerjaama
2. Jujur
3. Menghargai pendapat orang lain
4. Berfikir kritis
5.
Mengajukan pertanyaan
6.
Menyampaikan pendapat/menjawab pertanyaan
C. Psikomotor
Siswa dapat :
1.
Menerapkan gejala tegangan permukaan, gejala meniskus,
gejala kapliaritas, dan viskositas fluida dalam
kehidupan sehari-hari, yaitu dengan
melihat keadaan sekitar.
II. Alokasi Waktu : 6 X 45 Menit
III. Materi Ajar
Tegangan
Permukaan
Gejala Meniskus
Kapilaritas
Viskositas
Fluida
IV. Strategi/ Model / Metode Pembelajaran
1. Model : - Model Pembelajaran Inkuiri
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Eksperimen
V. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
No
|
Kegiatan
|
Tahapan
|
1
|
Kegiatan Awal
a. Guru meminta siswa duduk berdasarkan
kelompok yang telah ditentukan.
Tiap-tiap kelompok terdiri dari 3 orang
b. Guru membanguan pengetahuan awal siswa
dengan memberi fenomena
Mengapa nyamuk dapat selancar ria pada permukaan air ?
|
Penyajian
fenomena
|
2.
|
Kegiatan inti
a. Tiap kelompok siswa berdisikusi berdasarkan
suatu fenomena yang diberikan.
b. Guru mengajukan beberapa pertanyaan
terkait dengan fenomena yang
diberikan.
-
Mengapa
nyamuk dapat selancar ria diatas permukaan air ?
c.
Dari
jawaban beberapa orang siswa kemudian guru meminta siswa untuk menjelaskan
mengenai gaya kohesi, adhesi, dan
tegangan permukaan serta menjelaskan gejala mensikus.
d. Guru membagikan lembar kerja kelompok
pada masing-masing kelompok.
e.
Siswa
melakukan eksperimen untuk mengambil data setelah merumuskan masalah dan membuat hipotesis.
f.
Dalam
proses mengambil data, guru membimbing siswa mendiskusikan hasil kegiatan
dalam kelompok
g. Setelah peroses pengambilan data
selesai, masing-masing kelompok berdiskusi dan menentukan jawaban berdasarkan
eksperimen.
h. Dari hasil diskusi yang diperoleh siswa
memberikan kesimpulan tentang gaya
kohesi, adhesi, dan tegangan permukaan serta gejala mensikus.
|
Merumuskan
masalah
Membuat hipotesis
Merencanakan Kegiatan
Melakukan Kegiatan
Mengumpulkan data
Kesimpulan
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a. Guru membimbing siswa membuat rangkuman
materi yang telah dipelajari
b. Guru menegaskan konsep yang benar
c. Guru memberikan tugas rumah
|
Pemantapan
|
Pertemuan 2
No
|
Kegiatan
|
Tahapan
|
1
|
Kegiatan Awal
a. Guru meminta siswa duduk berdasarkan
kelompok
yang telah ditentukan. Tiap-tiap kelompok terdiri dari 3 orang.
b. Guru membanguan pengetahuan awal siswa
dengan memberi fenomena
lampu semprong, dimana lampu semprong dinyalakan dengan
menggunakan korek api akan menyala dan bila habis minyaknya akan mati dengan
sendirinya. Mengapa terjadi hal yang demikian ?
|
Penyajian
fenomena
|
2.
|
Kegiatan inti
a. Tiap kelompok siswa berdisikusi berdasarkan
suatu fenomena gejala kapilaritas.
b. Guru mengajukan beberapa pertanyaan
terkait dengan gejala kapilaritas.
c. lampu semprong, dimana
lampu semprong dinyalakan dengan menggunakan korek api akan menyala dan bila
habis minyaknya akan mati dengan sendirinya. Mengapa terjadi hal yang
demikian ?
d. Dari jawaban beberapa orang siswa
kemudian guru meminta siswa untuk menjelaskan mengenai gejala kapilaritas.
e. Guru membagikan lembar kerja kelompok
pada masing-masing kelompok.
f. Siswa melakukan eksperimen untuk
mengambil data setelah merumuskan masalah dan membuat hipotesis.
g. Dalam proses mengambil data, guru
membimbing siswa mendiskusikan hasil kegiatan dalam kelompok
h. Setelah peroses pengambilan data
selesai, masing-masing kelompok berdiskusi dan menentukan jawaban berdasarkan
eksperimen.
i. Dari hasil diskusi yang diperoleh siswa
memberikan kesimpulan tentang gejala
kapilaritas.
|
Merumuskan
masalah
Membuat hipotesis
Merencanakan Kegiatan
Melakukan Kegiatan
Mengumpulkan data
Kesimpulan
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a. Guru membimbing siswa membuat rangkuman
materi yang telah dipelajari
b. Guru menegaskan konsep yang benar
c. Guru memberikan tugas rumah
|
Pemantapan
|
Pertemuan 3
No
|
Kegiatan
|
Tahapan
|
1
|
Kegiatan Awal
a. Guru meminta siswa duduk berdasarkan
kelompok
yang telah ditentukan. Tiap-tiap kelompok terdiri dari 3 orang.
b. Guru membanguan pengetahuan awal siswa dengan
memberi fenomena
Dengan menggunakan
sebuah toples yang sudah diisi dengan air dan oli kemudian dicelupkan beban.
Manakah yang lebih lambat mencapai permukaan toples ?
|
Penyajian
fenomena
|
2.
|
Kegiatan inti
a.
Tiap
kelompok siswa berdisikusi berdasarkan suatu fenomena viskositas fluida.
b.
Guru
mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan fenomena viskositas fluida.
-
Dengan menggunakan sebuah
toples yang sudah diisi dengan air dan oli kemudian dicelupkan beban. Manakah
yang lebih lambat mencapai permukaan toples ?
c.
Dari
jawaban beberapa orang siswa kemudian guru meminta siswa untuk menjelaskan
mengenai viskositas fluida.
d.
Guru
membagikan lembar kerja kelompok pada masing-masing kelompok.
e.
Siswa
melakukan eksperimen untuk mengambil data setelah merumuskan masalah dan
merumuskan hipotesis
f.
Dalam
proses mengambil data, guru membimbing siswa mendiskusikan hasil kegiatan
dalam kelompok
g.
Setelah
peroses pengambilan data selesai, masing-masing kelompok berdiskusi dan
menentukan jawaban berdasarkan eksperimen.
h.
Dari
hasil diskusi yang diperoleh siswa memberikan kesimpulan tentang viskositas fluida.
|
Merumuskan
masalah
Membuat hipotesis
Merencanakan Kegiatan
Melakukan Kegiatan
Mengumpulkan data
Kesimpulan
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a. Guru membimbing siswa membuat rangkuman
materi yang telah dipelajari
b. Guru menegaskan konsep yang benar
c. Guru memberikan tugas rumah
|
Pemantapan
|
V.
Sumber Belajar
a. Buku Fisika
SMA Kelas XI (Supiyanto, Erlangga (Hal. 168-175)
dan Bambang Ruwanto, Yudistira
(Hal. 154-164) )
b. Lembar kerja siswa
(LKS)
c. Buku referensi yang relevan
d. Alat Praktikum
VI. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik penilaian : LKS, tugas rumah, latihan dan uji blok
b. Bentuk instrumen : 1. Lembar Kerja
Kelompok (LKK).
2. Lembar evaluasi hasil belajar.
3. Lembar observasi
aktivitas siswa.
4. Lembar angket minat belajar siswa.
Bandar Lampung,
Dedek Iskandar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA ................................................
Mata Pelajaran :
FISIKA
Materi Pokok : Fluida
Kelas / Semester : XI IPA / 2
Standar Kompetensi :
Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem
kontinu dalam menyelesaikan
masalah.
Kompetensi Dasar : Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis
dan dinamis serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
a.
Kognitif
1.
Produk:
a) Mendeskripsikan konsep fluida ideal
b) Memformulasikan persamaan
kontinunitas
c)
Memformulasikan asas
Bernoulli
d) Menerapkan hukum Bernoulli pada masalah fisika sehari-hari
2.
Proses:
Merencanakan dan melaksanakan eksperimen meliputi:
a)
merumuskan masalah
b)
membuat hipotesis
c)
merencanakan kegiatan
d)
melaksanakan
kegiatan
e)
mengumpulkan
data
f)
mengambil kesimpulan
b.
Psikomotor:
1.
Mempraktikan fluida ideal, kontinuitas, dan hukum
Bernoulli.
c.
Afektif
1.
Mengembangkan perilaku
berkarakter, meliputi:
a)
jujur
b)
peduli
2.
Mengembangkan keterampilan sosial,
meliputi:
a) menghargai pendapat orang lain
b) berfikir kritis
c)
mengajukan pertanyaan
d)
menyampaikan pendapat/menjawab
pertanyaan
I. Tujuan Pembelajaran
A. Kognitif
Siswa dapat :
1. Menjelaskan tekanan
2. Mendeskripsikan konsep fluida ideal
3. Memformulasikan persamaan kontinunitas
4. Memformulasikan asas
Bernoulli
5. Menerapkan asas Bernoulli pada masalah fisika
sehari-hari
B. Afektif
Siswa dapat :
1. Bekerjaama
2. Jujur
3. Menghargai pendapat orang lain
4. Berfikir kritis
5.
Mengajukan pertanyaan
6.
Menyampaikan pendapat/menjawab pertanyaan
C. Psikomotor
Siswa dapat :
1. Menerapkan fluida ideal, kontinuitas, dan hukum Bernoulli dalam kehidupan sehari-hari, yaitu dengan melihat keadaan sekitar.
II. Alokasi Waktu : 6 X 45 Menit
III. Materi Ajar
Fluida
Ideal
Persamaan Kontinuitas
Asas Bernoulli
IV. Strategi/ Model / Metode Pembelajaran
1. Model : - Model Pembelajaran Inkuiri
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Eksperimen
V. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
No
|
Kegiatan
|
Tahapan
|
1
|
Kegiatan Awal
a. Guru meminta siswa duduk berdasarkan
kelompok yang telah ditentukan.
Tiap-tiap kelompok terdiri dari 3 orang
b. Guru membanguan pengetahuan awal siswa
dengan memberi fenomena
Apabila seseorang sedang mencuci
motor dengan air dan kran yang dihubungkan dengan selang. Saat ujung selang
ditekan, air akan memancar semakin jauh. Mengapa?
|
Penyajian
fenomena
|
2.
|
Kegiatan inti
a. Tiap kelompok siswa berdisikusi berdasarkan
suatu fenomena terkait peragaan yang dilakukan dengan mengkaitkan persamaan
kontinuitas.
b. Guru mengajukan beberapa pertanyaan
terkait peragaan yang dilakukan.
-
Apabila
seseorang sedang mencuci motor dengan air dan kran yang dihubungkan dengan
selang. Saat ujung selang ditekan, air akan memancar semakin jauh. Mengapa?
c.
Dari
jawaban beberapa orang siswa kemudian guru meminta siswa untuk menjelaskan
mengenai fluida ideal dan persamaan kontinuitas.
d. Guru membagikan lembar kerja kelompok
pada masing-masing kelompok.
e.
Siswa
melakukan eksperimen untuk mengambil data setelah merumuskan masalah dan membuat hipotesis.
f.
Dalam
proses mengambil data, guru membimbing siswa mendiskusikan hasil kegiatan
dalam kelompok
g. Setelah peroses pengambilan data
selesai, masing-masing kelompok berdiskusi dan menentukan jawaban berdasarkan
eksperimen.
h. Dari hasil diskusi yang diperoleh siswa
memberikan kesimpulan tentang fluida ideal dan persamaan
kontinuitas.
|
Merumuskan
masalah
Membuat hipotesis
Merencanakan Kegiatan
Melakukan Kegiatan
Mengumpulkan data
Kesimpulan
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a. Guru membimbing siswa membuat rangkuman
materi yang telah dipelajari
b. Guru menegaskan konsep yang benar
c. Guru memberikan tugas rumah
|
Pemantapan
|
Pertemuan 2
No
|
Kegiatan
|
Tahapan
|
1
|
Kegiatan Awal
a. Guru meminta siswa duduk berdasarkan
kelompok
yang telah ditentukan. Tiap-tiap kelompok terdiri dari 3 orang.
b. Guru membanguan pengetahuan awal siswa
dengan memberi fenomena
Dengan menggunakan alat penyemprot nyamuk, dapat
dilihat ketika menekan batang
penghisap maka menyemprotkan cairan air. Mengapa terjadi hal yang demikian ?
|
Penyajian
fenomena
|
2.
|
Kegiatan inti
a. Tiap kelompok siswa berdisikusi berdasarkan
suatu fenomena terkait peragaan yang dilakukan dengan mengkaitkan bunyi asas
Bernaulli.
b. Guru mengajukan beberapa pertanyaan
terkait dengan asas Bernaulli.
-
Dengan menggunakan alat
penyemprot nyamuk, dapat dilihat ketika
menekan batang penghisap maka menyemprotkan cairan air. Mengapa
terjadi hal yang demikian ?
c. Dari jawaban beberapa orang siswa
kemudian guru meminta siswa untuk menjelaskan mengenai asas Bernoulli.
d. Guru membagikan lembar kerja kelompok
pada masing-masing kelompok.
e. Siswa melakukan eksperimen untuk
mengambil data setelah merumuskan masalah dan membuat hipotesis.
f. Dalam proses mengambil data, guru
membimbing siswa mendiskusikan hasil kegiatan dalam kelompok
g. Setelah peroses pengambilan data
selesai, masing-masing kelompok berdiskusi dan menentukan jawaban berdasarkan
eksperimen.
h. Dari hasil diskusi yang diperoleh siswa
memberikan kesimpulan tentang asas
Bernoulli.
|
Merumuskan
masalah
Membuat hipotesis
Merencanakan Kegiatan
Melakukan Kegiatan
Mengumpulkan data
Kesimpulan
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a. Guru membimbing siswa membuat rangkuman
materi yang telah dipelajari
b. Guru menegaskan konsep yang benar
c. Guru memberikan tugas rumah
|
Pemantapan
|
V.
Sumber Belajar
a. Buku Fisika
SMA Kelas XI (Supiyanto, Erlangga (Hal. 168-175)
dan Bambang Ruwanto, Yudistira
(Hal. 154-164) )
b. Lembar kerja siswa
(LKS)
c. Buku referensi yang relevan
d. Alat Praktikum
VI. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik penilaian : LKS, tugas rumah, latihan dan uji blok
b. Bentuk instrumen : 1. Lembar Kerja
Kelompok (LKK).
2. Lembar evaluasi hasil belajar.
3. Lembar observasi
aktivitas siswa.
4. Lembar angket minat belajar siswa.
Bandar Lampung,
Dedek Iskandar
No comments:
Post a Comment